PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode scramble untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebelum dan setelah diterapkan metode scramble, dan (2) mendeskripsikan apakah motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan metode scramble.


Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar berjumlah 9 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Prosedur penelitian melalui tiga tahap dengan tahapan; (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar setelah diterapkan metode scramble dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 93 (71,53%) dengan skor terendah 75 (57,69%) dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 116 (89,23%) dengan skor terendah 82 (63,08%) dalam kategori sangat tinggi.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan menerapkan metode scramble mengalami peningkatan.

Author Biography

Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Muhammadiyah Makassar

Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Unismuh Makassar

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prodesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

M, Sadirman A. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Meltzer, David E. 2003. Jurnal Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gainsi. Departemen of Physiscs and Astronomy, Lowa State University Ames, Lowa 5001.

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizal, Muhammad .____. Modul Panduan. PH. Kartika FC.

Sugiharti, Piping. 2011. Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Penabur - No.16/Tahun ke-10/Juni 2011.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Yesinta. 2010. Integrasi Scramble Dalam Pembelajaran Ulang Meremediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan. Program Studi Pendidikan Fisika Untan.

Yusirisa. 2011. Metode Scramble. (online)
http://yusiriza.wordpress.com/2011/07/20/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-scramble/Diakses pada tanggal 8 Juni 2013.

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-12-22
How to Cite
NURFADILAH, Nurfadilah. PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 195-202, dec. 2018. ISSN 2615-7209. Available at: <https://ojs.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/119>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles