PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GALESONG UTARA

  • Nurazmi Nurazmi UNISMUH Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Galesong Utara  dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme; (2) seberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Galesong Utara  dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra-eksperimen dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Galesong Utara. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Deskriptif untuk menggambarkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Galesong Utara. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan. Ini berdasarkan peningkatan N-gain untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang dan untuk keterampilan berpikir kreatif sebesar 0,5 yang berada pada kriteria sedang juga. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Galesong Utara dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme mengalami peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang.


 

References

Anang. 2010. One Minute before Teaching. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arman R., Andi. 2009. Penerapan pembelajaran Konstruktivisme dalam Pencapaian Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Karya Tidak Diterbitkan. Makassar: universitas Negeri Makassar.

Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Djumingin, Sulastriningsih. 2010. Starategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Elaine B. Johnson. 2007. Contextual Teaching & Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Elaine B. Johnson. 2011. Contextual Teaching & Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Kaifa.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis (Sebuah Pengantar). Jakarta: Erlangga

Johnson, Larry. 2007. Critical and Creative Thinking - Bloom's Taxonomy. Tersedia pada http://eduscapes.com/tap/topic69.htm. Diakses pada tanggal 2 Januari 2012.

Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Pendidikan IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Meltzer, D.E, (2002). The Relantionship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. American Journal of Physics, 70(7).

Natsir, M. 2004. Srtategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Muhammad Tawil. 2011. Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Karya tidak diterbitkan.

Muliana. 2012. Penerapan Pendekatan Induktif Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Karya Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Mutia, A.2011. Penerapan Pendekatan Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Takalar. Skripsi. Karya Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurhayati, B. 2000. Pengembangan Paket Pembelajaran Bioteknologi dan Pengaruhnya Terhadap Sikap, Minat, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SMU. Disertasi. Malang. PPS Universitas Negeri Malang.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkuliatas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Jakarta: Kencana.

Sakka, Jamaluddin. 2011. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Fisika Peserta didik Kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Karya Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, M. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Published
2018-12-22
How to Cite
NURAZMI, Nurazmi. PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GALESONG UTARA. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 117-127, dec. 2018. ISSN 2615-7209. Available at: <https://ojs.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/118>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles