PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT AL-FIKRI, BTP, MAKASSAR

  • Yusupul Andayani SD Islam Terpadu Al Fikri BTP

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah sebelum kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap guru dengan cara teratur, guru tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, dikarenakan kepala sekolah jarang melakukan pengawasan baik dengan cara observasi, kunjungan kelas maupun kunjungan antar kelas, sehingga tugas yang diberikan kepada guru tidak dikerjakan dengan maksimal, setelah menggunakan tiga teknik tersebut kepala sekolah dapat mengetahui masalah yang terjadi pada guru dan mengetahui bagaimana perkembangan guru dalam menjalankan tugasnya. 2) Kepala sekolah juga jarang memberikan penghargaan seperti memberikan bonus gaji dan bimbingan terhadap guru dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga guru juga tidak termotivasi dan tidak mengetahui cara dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada diri pribadi guru, setelah kepala sekolah memberikan penghargaan, bimbingan atau pembinaan kepada guru, guru menjadi lebih giat dalam menjalankan tugas dan termotivasi dengan penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah serta dapat mengetahui cara dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada diri pribadi guru. 3) Faktor-faktor yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu: guru sering menutup diri, jarang berinteraksi dan komunikasi, dan guru tidak optomis atau tidak yakin dalam menyelesaikan permasalahan.

References

Andang, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet I; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Renika Cipta, 2006.

A.M Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Basri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung, Pustaka Setia, 2014.

B Andi Saleh, Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MA YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang, Tesis, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2013.

Benty Imam Gunawan & Djum Djum Noor, Manajemen Pendidikan, Cet 1; Bandung, Alfabeta, 2017.

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Departemen dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1995.

Djuita Warni, Evaluasi Pembelajaran, Mataram: Elhikam Pres Lombok, 2012.
Faisal Sanafiah, Metodologi Penelitian Sosial, Cet I; Jakarta: Erlangga, 2001.
Gunawan Ary, H, , Administrasi Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hermino Agustinus, Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Imron Ali, Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Jaya, 1995.

Iskandar dan Mukhtar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Kartono Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Kasmawati, Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan, Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Karweti Engkay, “Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 11 no. 2. Subang: SLB Subang, 2010.

Khairil dan Sudarman Danim, Profesi Kependidikan, Cet II; Bandung: Alfabeta, 2011.

Komariah Aan, Visionary Leadershirp Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Kompri, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzza Media, 2015.

Mangkunegara Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Rosdakarya, 2001.

Mulyasa E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Muslim Sri Banun, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Jakarta: Alfabeta, 2013.

Mustari Mohammad, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Pidata Made, Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Renika Cipta, 2009.

, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Purwanto M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016.

Radiana, Dalawi, Amrazi Zakso, Usman “ Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2 no. 3. Bengkayang: SMP 1 Negri Bengkayang, 2013.

Rahman Arif, “Pembinaan Profesional Guru SMK, Kajian Kualitatif pada SMK di Bandung” Jurnal Tabularasa, vol. 6 no 1. Bandung: SMK Bandung, 2009.

Rohmanto Zaenal Aqib dan Elham, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 7 no. 2. Bandung: Yrama Widya, 2007.

Republik Indonesia, UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Sagal Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kepemimpinan, Memberdayakan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sahertian Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Renika Cipta, 2002.

Salnia, Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI SD Negri di Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton, Tesis, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2013.

Sebaweh Diding Nurdin dan Imam, Pengelolaan Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015.

Shaleh Abdul Rahman, Psikologi, Industri dan Organisasi, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN, 2006.


Sudiono dan Lantip, Diat Prasojo, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Sudjana Djuju, Pngantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Nusantara Press, 1992.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Cet XI; Bandung: Alfabeta, 2010.

Suhartini Eka, Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja, Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan ; Kompetensi dan Prakteknya, Cet VII; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Sukendar Nur Cahya Edi, Pengaruh Keterampilan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SMP Negri di Sub Rayon 03 Kabupaten Jepara, Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 2 no 1. Semarang: IKIP PGRI Semarang, 2013.

Sultan Muhammad, Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam pada SMK Negri di Kota Bontang, Tesis, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2014.

Supardi, Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011.

, Kinerja Guru, Jakarta: Grafindo, 2014.

Supriyatno Marno dan Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2008.

Sutrisno H. Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Tenriningsih Andi, Supervisi Pengajaran, Motivasi Kerja, Kinerja Guru dan Prestasi Belajar, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 17. no. 6. Barru: STIA Al-Gazali Barru, 2011.

Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Umiarso & Baharuddinn, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzza Media, 2016.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007 .

Wasito Herman, Pengantar Metodologi Penelitian, Cet I; Jakarta: Gramedia Utama, 1977.

Yasin Fatah, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang, UIN Malang Press, 2008.
Published
2018-12-22
How to Cite
ANDAYANI, Yusupul. PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT AL-FIKRI, BTP, MAKASSAR. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 145-157, dec. 2018. ISSN 2615-7209. Available at: <https://ojs.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/116>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles