STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 21 MAKSSAR

  • Sahabuddin Sahabuddin SD Islam Terpadu Al Fikri BTP

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar, tujuannya untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar, mutunya,  faktor pendukung dan penghambat serta alternatif kepala sekolah menghadapi hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar.


 


          Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interviw, dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, sosiologis, psikologis dan manajerial.


 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu  pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar meliputi: komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, merumuskan visi-misi pendidikan, membentuk team work sebagai penggerak mutu,  membagi wewenang dan tanggung  jawab, melengkapi sarana-pra sarana sesuai kebutuhan sekolah, memberdayakan seluruh komponen sekolah, mengontrol seluruh kegiatan sekolah, dan evaluasi setiap diri untuk meningkatkan kinerja.  Mutu pendidikannya meliputi: inputnya baik, proses berjalan efektif dan efesien, outputnya baik karena banyak berhasil masuk Universitas  Negeri dan outcome baik, karena mendapatkan apresiasi di masyarakat. Faktor pendukungnya meliputi: Kepemimpinan yang ramah dan tidak sentralistik, sarana-pra sarana memadai, SDM  (profesionalisme),  team work  yang baik, dukungan  seluruh komponen sekolah  dan  masyarakat. Foktor penghambatnya meliputi: Rendahnya sarana,  rendahnya kualitas guru, rendahnya prestasi siswa, mahalnya biaya pendidikan bagi sekolah sebelum ada dana bantuan dari APBN, dan alternatifnya meliputi: Evaluasi kepala sekolah  terhadap; sarana pra sarana agar ditingkatkan sesuai kebutuah siswa, Pelatihan dan Ditlat bagi guru dan staf untuk  meningkatkan profesionalisme mereka, mengadakan bimbingan secara kontinew bagi seluruh siswa untuk meningkatkan kecerdasan dan mengembangkan bakat mereka,  briping setiap hari bersama team work untuk saling berbagi informasi tentang kemajuan dan kemunduran  sekolah, dan  bermusyawara bersama seluruh stake holders jika ada persoalan besar yang harus diselesaikan.

References

Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2003), 159.
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004), h. 25
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK., 2004, h. 25
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, ( Leaning Organisation) (Cet. II, CV. Alfabeta, 2006), h. 29-30-31-32
Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Cet. I; Jakarta: PT. Grasindo, 2001), h. 133
Soejipti dan Raflis Kosasi, Profesi Guru (Cet. 1; Jakarta: Rineka Cipta, 1999), h. 130
Mulyoso, Manajemen Organisasi dan Organisasi Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008),h. 144
M. Quraish Shihab, Menabur Pesan Ilahi (Jakarta: Lentara Hati, 2006). h. 380
Anwar Arifin, Strategi Komunikasi, (Bandung: Armilo, 1984), 59
David Hunger dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategi, (Yogyakarta: Andi, 2003).
Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan (Cet.1; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002), h. 145
Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia (Bandung : Al-Ma’arif, 1984), h. 110
John M. Echolis, Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia (Cet. XVI; Jakarta: Gramedia, 1988), h. 460
Lukman Ali, Kamus Besar bahasa Indonesia (Cet. IV; Jakarta : Balai Pustaka, 1995), h. 677
M. N. Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Cet. III; Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004), h. 15
Muhammad Utsman el-Muhammady, Pemurnian Tasawuf oleh Imam Al-Ghazali,www/ Scribd/com/doc/2917072/ tgl. 19 November 2014
Tim Redaksi Sinar Grafika, Undanng-Undang Sisdiknas 2003 (Jakarta : Sinar Grafika, 2007), h. 2
Published
2018-12-22
How to Cite
SAHABUDDIN, Sahabuddin. STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 21 MAKSSAR. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 128-144, dec. 2018. ISSN 2615-7209. Available at: <https://ojs.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/114>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles